100 Contemporary Wood Buildings (Bibliotheca Universalis)

100 Contemporary Wood Buildings (Bibliotheca Universalis)

Sejarah contoh historiografi kontemporer.​

contoh historiografi kontemporer.​

Jawaban:

Berikut di bawah ini adalah jenis -jenis serta penjelasan histografi di Indonesia, yakni:

1.      Historiografi tradisional merupakan penulisan sejarah yang ditulis pada saat masyarakat Indonesia sudah mengenal tulisan yakni yang terjadi pada masa kerajaan-kerajaan Hindu Budha maupun saat kerajaan Islam berkuasa.

Contoh historiografi tradisional adalah: Babad Demak, Babad Tanah Jawa, Babad Parahiangan, Babad Galuh, Babad Aceh, Babad Tanah Pasundan, Babad Sriwijaya, Babad Diponegoro, Babad Cirebon, Kitab Negarakertagama, Babad Banten, Kitab Pararaton.

2.      Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang ditulis pada saat Indonesia dijajah oleh pemerintah kolonial Belanda.

Contoh historiografi kolonial adalah: "Indonesian Society in Transition" karya Wertheim, "Trade and Society" karya YC Van Leur, dan "Indonesian Sosiological Studies" karya Schrike.

3.      Historiografi modern merupakan penulisan sejarah Indonesia pada zaman modern (sekarang) yang bersifat kritis dan telan memenuhi kaidah - kaidah ilmiah.

Contoh Historiografi Modern adalah: “Indonesia Historiography” yang terbit tahun 2001, “Modern Indonesia, Tradition and Transformation,” yang terbit tahun 1984.

4.      Histografi nasional merupakan penulisan sejarah yang ditulis oleh sejarahwan Indonesia pada masa setelah pergerakan dan kemerdekaan bangsa Indonesia yang mengungkapkan kehidupan rakyat Indonesia sepanjang masa dan bersifat Indonesia sentris, serta dengan metodologi sejarah Indonesia.

Contoh historiografi nasional adalah: “Sejarah Nasional Indonesia” yang terdiri dari VII Jilid, “The Peasant Revolt of Banten in 1888” yang terbit pada tahun 1966, “Ratu Adil” yang terbit pada tahun 1984, “Protest Movement in Rural Java” yang terbit pada tahun 1973.

Penjelasan: